Rabu, 19 Juli 2017

Manfaat Sayur Peleng Untuk Kesehatan Tubuh

SAYUR PELENG
=============>

Sayur peleng merupakan sayuran yang hampir mirip dengan sayur bayam. Sayur peleng memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Sayur ini sangat mudah dicari dan harganya yang murah membuat banyak orang yang mengkonsumsinya sebagai salah satu sayuran untuk meningkatkan kesehatan dan menjaga tubuh.
Harga dari sayur peleng ini sekitar Rp3.000 sampai Rp6.000. Sayur peleng banyak diolah di Indonesia diantaranya adalah ditumis dioseng maupun digunakan untuk lalapan. Sayur ini sudah dikenal di kalangan Indonesia sebagai sayuran yang kaya akan vitamin dan nutrisi sehingga sayuran ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Sayur Peleng adalah sayuran khas Berastagi. Berasal dari tumbuhan yang sejenis dengan Bayam. Sudah dari dahulu menjadi primadona bagi warga kabupaten Karo, Sumatera Utara. Bahkan para petani sengaja mengelola 20 hektar lahan pertanian, agar produk sayuran yang mereka bududayakan panaen lebih banyak.

Harga pasaran Peleng ini tergolong tidak stabil, kadang naik turun. Kisaranya antara 3500 sampai 6000 rupiah. Sehingga petani tak dapat mengira dia akan untung berapa. Namun keresahan itu mulai memudar,sejak ada kepastian antara pihak eksportir sayur ke Singapura dengan para petani.

manfaat sayur peleng, sayuran khas brastagi, karo, indonesia

Warga Indonesia sering memasaknya dengan cara ditumis, disup dan untuk lalaban. Kandungan gizi dan nutrisi yang terdapat dalam sayur ini, antara lain adalah kalsium, protein nabati, karbohidrat, serat alami, lemak, asam folat,energi, gula, zat besi, vitamin C, A, E, dan K dan sayur peleng juga memiliki khasiat serta manfaat yang sama dengan Titan Gel yaitu untuk stamina kesehatan serta stamina keperkasaan jaringan organ vitalitas agar selalu sehat kuat perkasa secara alami . Di bawah ini akan kami jelaskan manfaat sayur peleng nya untuk kesehatan.

1. Mengobati pilek

Kandungan vitamin yang terdapat di dalam sayur peleng dapat membantu untuk mengobati pilek. Kandungn manfaat vitamin c yang sangat banyak di dalam manfaat sayur peleng membantu untuk meningkatkan kekebalan tubuh sebab vitamin c dapat digunakan untuk meningkatkan antioksidan sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit terutama penyakit pilek. Dengan mengkonsumsi sayuran ini anda dapat terhindar dari berbagai penyakit salah satunya adalah penyakit pilek.

2.  Rendah lemak

Sayur peleng merupakan salah satu sayuran yang rendah lemak sehingga sayur peleng baik dikonsumsi untuk seseorang yang terkena diabetes. Bagi mereka yang memiliki penyakit diabetes tidak perlu hawatir dalam mengkonsumsi sayur peleng ini, karena sayur ini rendah lemak. Selain rendah lemak sayur ini juga memiliki 0% kolesterol, sehingga dapat mencegah terjadinya penyumbatan arteri, dengan begitu sirkulasi darah juga menjadi lancar.

Mengkonsumsi sayur ini juga dapat terhindar dari penyakit jantung dan juga penyakit stroke. Perlu diketahui pula beberapa manfaat buah yang baik untuk penyakit jantung diantaranya adalah manfaat buah mengkudu dan manfaat buah naga.

3. Melancarkan Kinerja Sistem Pencernaan

Dengan mengonsumsi sayur Peleng kinerja sistem pencernaan akan lebih lancar.Faktor pelancarnya yaitu ada banyak serat alami pada seluruh bagian sayur tersebut.Hal ini menjadikan usus terhindar dari sumbatan, sehingga sisa makanan dapat dibuang secara maksimal.

4. Melancarkan Fungsi Ginjal

Mineral yang terdapat pada sayur Peleng berkhasiat mampu dalam mengatasi masalah ginjal. Terbukti bahwa organ tersebut menjadi lebih bersih setelah rajin makan sayuran tersebut. Untuk itu marilah diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

5. Mengobati Anemia

Tanda seseorang mengalami kurang darah atau anemia adalah mudah capek. Selain itu juga sering pusing, dan wajahnya tampak pucat.Jangan takut sebab ini bukanlah penyakit ganas. Bisa diobati dengan mengonsumsi sayur Peleng secara teratur, karena di dalamnya ada zat besi yang mampu membantu merangsang produksi sel darah merah.

6. Menurunkan Kolesterol Tinggi

Sumber makanan yang sangat penting untuk menurunkan kolesterol tinggi, yaitu sayur Peleng.Konon masyarakat mempercayai, bahwa sayur ini mampu mengontrol kadar lemak jahatnya. Dengan begitu sarang penyakit berbahaya, seperti stroke dan serangan jantung dapat dihindari.

7. Menyembuhkan asam urat

Selain digunakan untuk menjaga fungsi ginjal ternyata sayur peleng juga sangat efektif digunakan untuk menyembuhkan penyakit asam urat. Kandungan yang terdapat di dalam sayur peleng sangat efektif digunakan untuk menyembuhkan penyakit asam urat sehingga bagi anda yang sedang menderita penyakit asam urat anda dapat menyembuhkan nya dengan mengkonsumsi sayur peleng ini. Untuk menyebuhkan asam urat anda juga dapat menggunakan dan memanfaatkan manfaat nanas, manfaat seledri dan manfaat oatmeal agar asam urat segera sembuh

8. Meningkatkan kecerdasan pada otak

Kandungan yang terdapat di dalam sayur peleng dapat digunakan untuk meningkatkan kecerdasan pada otak. Dengan rutin mengkonsumsi sayur peleng ini anda dapat meningkatkan kecerdasan otak pada anak. Kandungan omega 3 dan vitamin b yang terdapat di dalam sayur peleng ini akan membantu untuk meningkatkan fokus pada anak sehingga ketika anak muda baguslah kan membantu untuk meningkatkan kecerdasan pada otak anak.

9. Mencegah terjadinya diabetes

Kandungan yang terdapat di dalam manfaat sayur peleng dapat digunakan untuk mencegah terjadinya diabetes, sebab sayuran ini rendah akan kolesterol dan lemak. Sehingga sayur peleng dapat digunakan untuk mencegah terjadinya penyakit diabetes dan baik dikonsumsi untuk seseorang yang menderita penyakit diabetes.

10. Menyembuhkan Asam Urat

Sebagian orang tua pasti ada yang mengalami radang sendi atau biasa disebut dengan asam urat. Proses penyembuhannya memang termasuk lama dan susah. Bisa pulih kalau kamu telaten mengonsumsi sayur Peleng. Dengan adanya senyawa di dalam sayuran ini, penyakit asma juga bisa disembuhkan.

Manfaat Peleng untuk Kesehatan yang Lainnya:

11. Mengandung Vitamin K

12. Mencegah Radang Tenggorokan

13. Meningkatkan Selera Makan

14. Mengobati Eksim

15. Mencegah Sakit Maagh

16. Meningkatkan Kualitas Tidur

17. Membantu Mempercepat Pengeringan Luka

18. Memperlancar Detoksifikasi Racun

Manfaat Lain Sayur Peleng

    Meningkatkan kualitas tidur
    Membantu dalam detoksifikasi
    Mencegah penyakit radang
    Mengobati eksim
    Meningkatkan nafsu makan
    Mencegah tubuh dari berbagai penyakit

Itulah beberapa manfaat yang dapat Anda rasakan ketika anda mengkonsumsi sayur peleng ini. Selain manfaat-manfaat yang ada di atas masih banyak sekali manfaat yang dapat anda dapatkan Ketika anda mengkonsumsi sayur peleng ini. Sebab banyak sekali kandungan nutrisi dan kandungan gizi yang terdapat di dalam sayur peleng ini sehingga sayur peleng memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Selain sayur peleng masih banyak sayuran yang dapat digunakan untuk membantu meningkatkan metabolisme dan menyehatkan tubuh kita.

Telah kita ketahui bahwa ternyata sayuran ini menjadi komoditi eksport ke Singapura. Tetapi sangat disayangkan warga negara Indinesia, masih banyak yang asing dengan namanya, apalagi wujud sayur ini. Menurut kamu bagaimana solusinya? Apa perlu pembudidayaan tumbuhan ini pada seluruh kawasan, dari Sabang sampai Merauke, bukan hanya di Sumatera Utara saja.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Macam Mcam Produk

BANK PEMBAYARAN TRANSFER

JASA PENGIRIMAN PAKET

BARANG AMAN BERGARANSI